Perkembangan Media Sosial Di Indonesia

By | January 13, 2020

Media sosial menjadi salah satu cara seseorang untuk berekspresi dan berkomunikasi. Dengan kemajuan teknologi dan semakin terjangkaunya harga untuk sebuah teknologi smartphone dan paket data membuat hampir semua orang memiliki media sosial. Bahkan ada beberapa orang tua yang rela belajar mengenai teknologi demi bisa memiliki media sosial. Media sosial bisa disebut sebagai fenomena di Indonesia karena penggunaannya yang terus tumbuh dan semakin banyak waktu yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia untuk bersosial media.

Media sosial menjadi magnet yang sangat menarik untuk semua kalangan masyarakat karena jangkauan yang luas dan bisa mendapatkan informasi terupdate dari media sosial. Namun ada beberapa golongan orang yang tidak siap bermedia sosial sehingga mereka tidak bisa bijak dalam menggunakan media sosial yang akhirnya ikut menyebarkan hoax dan justru memicu perpecahan.

Jenis Media Sosial Populer Di Indonesia

Dari sekian banyak media sosial yang ada di dunia, ada beberapa media sosial yang cukup populer di Indonesia. Berikut adalah contoh beberapa media sosial yang populer di Indonesia ;

  • YouTube

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa YouTube adalah sebuah media sosial. Platform ini menjadi media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk menonton, membagikan, mengirim video. Orang yang menggunakan YouTube juga bisa memberikan sebuah komentar pada video yang diposting seseorang. Media sosial ini juga bisa menjadi tambang emas yang sangat menguntungkan dengan adanya adsense. Ketika akun Anda telah memenuhi syarat maka Anda bisa memonetisasi setiap video yang Anda posting. Saat ini banyak orang yang menjadi kaya karena YouTube.

  • WhatsApp

WhatsApp sebenarnya adalah sebuah media sosial berbentuk aplikasi chatting. Hampir semua orang memiliki aplikasi medsos ini pada ponselnya. Medsos ini memungkinkan penggunanya untuk bertukar pesan secara gratis, hanya koneksi internet yang dibutuhkan agar bisa menggunakan aplikasi medsos ini. Selain itu penggunaan juga bisa membagikan banyak hal melalui sebuah status yang hanya bisa dilihat oleh kontak Anda yang Anda ijinkan.

  • Facebook

Media sosial yang juga sangat populer di Indonesia adalah Facebook. Tidak hanya di Indonesia, di dunia Facebook menjadi rajanya media sosial. Fungsi Facebook sama seperti media sosial pada umumnya. Facebook menjadi platform yang cukup banyak dimanfaatkan oleh orang Indonesia untuk bermedia sosial.

  • Instagram

Selanjutnya ada media sosial Instagram atau yang biasa disebut dengan IG. Media sosial ini menjadi media sosial yang berfungsi untuk membagikan foto dan video. Antar pengguna Instagram bisa berinteraksi melalui kolom komentar pada setiap postingan atau bisa juga melalui direct massage atau DM. Instagram menjadi media sosial yang banyak digunakan selebriti untuk membagikan aktivitas keseharian mereka. Orang yang terkenal dan populer pada media sosial Instagram biasa disebut dengan Selebgram.

  • TikTok

Selanjutnya ada media sosial TikTok, media sosial ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi video pendek. Bahkan pengguna media sosial ini bisa melakukan edit agar video yang dihasilkan jadi lebih menarik. Media sosial ini menjadi salah satu medsos yang paling baru karena baru diluncurkan pada tahun 2016.

Penyebab Masalah Media Sosial

Salah satu yang paling banyak membuat masalah di media sosial adalah bullying. Cyber bullying adalah salah satu bentuk perundungan yang terjadi di dunia maya. Cyber bullying menjadi masalah yang cukup serius karena bisa menyebabkan korbannya mengalami depresi bahkan tidak sedikit orang yang melakukan bunuh diri karena mendapatkan perlakuan buruk ketika bermedia sosial.

Share Button