Mengenal WhatsApp Business API

By | January 18, 2020

Mungkin belum banyak yang mengetahui apa yang disebut dengan WhatsApp API. WhatsApp business API adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan terjadinya koneksi antara aplikasi WhatsApp dengan aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan tertentu. WhatsApp business API biasanya digunakan untuk memudahkan interaksi antara perusahaan dengan klien. API sendiri merupakan kependekan dari Application Programming Interface.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah chatbot. Chatbot memungkinkan aplikasi menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan secara otomatis. Chatbot biasanya berisi kalimat greeting atau pesan untuk menyapa seorang pelanggan. Jika pelanggan mengajukan pertanyaan yang tidak di setting pada chatbot maka operator harus mengambil alih peran untuk membalas pertanyaan tersebut. Selain chatbot ada banyak fitur yang disediakan oleh WhatsApp business API yang tentunya sangat menarik dan bisa sangat berguna.

Fitur Unggulan WhatsApp Business API

Selain chatbot yang sudah dibahas di atas, ada beberapa fitur lain yang disediakan oleh aplikasi WhatsApp business API. Berikut adalah beberapa fitur unggulannya ;

  • Multi Agent Access

Fitur ini memungkinkan aplikasi digunakan oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Biasanya fitur ini sangat dibutuhkan ketika sebuah nomor WhatsApp dijadikan call center. Jika ada banyak pertanyaan yang harus segera direspons maka beberapa karyawan bisa berbagi tugas untuk menjawab semua pesan yang masuk. Hal ini tentunya membuat kecepatan respons terhadap pelanggan bisa lebih baik dan kepuasan pelanggan bisa terjaga dengan baik. Fitur ini pasti sangat dibutuhkan oleh orang yang memiliki usaha besar dan ingin memberikan layanan fast respons untuk setiap pertanyaan atau keluhan yang disampaikan oleh pelanggan.

  • Terverifikasi

Ketika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp business API maka akun Anda memiliki tanda centang biru. Tanda ini merupakan tanda yang membuktikan akun Anda sudah terverifikasi oleh pihak WhatsApp. Hal ini tentu bisa membuat usaha Anda lebih terlihat kredibel di mata pelanggan. Jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp business biasa maka Anda tidak akan bisa mendapatkan tanda terverifikasi ini.

  • Download Otomatis

Semua kontak, file, riwayat percakapan dan semua hal tentang aktivitas WhatsApp bisa di download dengan otomatis. Hal ini tentu bisa membuat semua keluhan yang disampaikan bisa direview oleh Anda untuk memperbaiki kualitas layanan Anda. Jika digunakan untuk aktivitas jual beli maka hal ini bisa meminimalisir terjadinya sebuah fraud atau pelanggaran yang dilakukan oleh orang yang mengakses akun perusahaan. WhatsApp API benar-benar akan sangat besar manfaatnya.

  • Full Akses

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang memiliki banyak karyawan, Anda bisa mengakses semua hal yang berhubungan dengan WhatsApp seperti penjualan, customer service dan masih banyak lagi yang bida diakses oleh Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengontrol penuh perusahaan dan bisa mengambil langkah yang tepat berdasarkan data yang Anda himpun dari orang WhatsApp.

Cara Membuat WhatsApp Business API

Setelah Anda mengetahui beberapa fitur menarik WhatsApp business API yang sangat bermanfaat untuk Anda dan Anda tertarik untuk menggunakan WhatsApp business API ini, maka berikut ini adalah cara membuat WhatsApp business API ;

  • Pilih WhatsApp Partner

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih WhatsApp partner Anda yang resmi dan terpercaya. Ketika Anda memilih WhatsApp partner artinya Anda terhubung dengan API dari partner Anda tersebut. Jika Anda tidak memilih partner yang tepat maka keamanan privasi perusahaan Anda sangat terancam.

  • Verifikasi Perusahaan

Setelah memilih partner terpercaya maka Anda harus melakukan verifikasi perusahaan Anda. WhatsApp akan memverifikasi perusahaan Anda secara menyeluruh. Tujuannya tentu saja agar jika terjadi sesuatu WhatsApp bisa langsung melakukan tindakan. Setelah perusahaan Anda terverifikasi maka Anda akan mendapatkan centang biru pada akun WhatsApp Anda.

  • Menambahkan Nomor Telepon

Setelah perusahaan terverifikasi maka selanjutnya Anda hanya perlu untuk memasukkan nomor yang akan Anda gunakan. Setelah Anda mengaktifkan nomor ini maka Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp business API.

Fungsi Utama WhatsApp Business API

Secara umum, ada tiga fungsi utama yang dihasilkan oleh WhatsApp business API. Berikut adalah fungsinya ;

  • Memberikan Respons Cepat

Ketika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp business API maka akan ada banyak orang yang bisa menjadi operator pada satu akun WhatsApp. Hal ini tentu saja bisa membuat perusahaan bisa merespons lebih cepat pertanyaan dari pelanggan.

  • Pesan Broadcast

Dengan WhatsApp business API ini Anda bisa memberikan notifikasi pada pelanggan mengenai apa yang ingin Anda promosikan. Hal ini tentu saja bisa membuat Anda berpromosi dengan lebih tepat sasaran.

  • Lebih Terlihat Kredibel

Dengan WhatsApp API Anda akan memiliki centang biru pada akun Anda. Hal ini tentu akan membuat perusahaan Anda terlihat lebih kredibel di mata para pelanggan. Hal ini tentu akan sangat baik untuk bisnis yang Anda jalankan.

Share Button