Isu Keamanan Pada WhatsApp

By | August 6, 2020

Karena WhatsApp adalah sebuah aplikasi chatting maka keamanan menjadi sangat penting untuk aplikasi ini. Pengguna tidak mau pesan yang mereka kirimkan pada seseorang bisa dilihat oleh orang lain karena kesalahan dari sistem yang tidak bisa menjaga keamanan dan privasi pengguna dengan baik. Ketika seseorang sedang chating sesuatu yang sangat pribadi maka tentu saja tidak ingin diketahui oleh orang lain selain mereka yang terlibat dalam chating.

Ketika keamanan WhatsApp tidak bisa terjamin maka akan sangat banyak orang yang meninggalkan aplikasi ini. Banyak orang yang mempermasalahkan ketika pengguna tidak bisa melakukan kontrol terhadap privasi mereka. Namun saat ini sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh pihak Facebook Inc selaku induk dari perusahaan WhatsApp sehingga pengguna bisa mengatur privasi mereka dan semua data pengguna bisa dijaga dengan keamanan yang sangat baik.

Tips Aman Memakai WhatsApp

Meskipun semua pesan WhatsApp telah dienkripsi end to end oleh pihak WhatsApp namun Anda juga tetap harus melakukan kontrol privasi agar Anda bisa lebih aman dalam menggunakan aplikasi WhatsApp ini. Arti dari enkripsi end to end adalah hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat pesan meskipun disimpan dalam database milik WhatsApp. Bahkan WhatsApp yang menyediakan aplikasi chatting ini tidak akan bisa melihat apa isi dari pesan yang dikirimkan. Kembali ke masalah tips aman menggunakan WhatsApp, berikut beberapa tipsnya ;

  • Kontrol Privasi Pada Profil

Profil pada akun Anda harus Anda setting agar bisa lebih aman. Anda bisa memilih untuk menunjukkan kapan waktu terakhir Anda membuka WhatsApp atau tidak pada pengaturan “last seen’. Anda juga bisa memilih untuk mengaktifkan fitur “laporan terkirim” atau tidak. WhatsApp memberikan kebebasan privasi itu untuk Anda. Selanjutnya pada foto profil, Anda bisa memilih untuk menunjukkan foto profil Anda pada semua orang yang menyimpan nomor Anda atau hanya pada orang yang Anda simpan nomornya. Anda bisa melakukan semua setting ini dengan cara membuka WhatsApp, pilih menu titik tiga di pojok kanan atas dan kemudian pilih pengaturan.

  • Kontrol Privasi Status

WhatsApp memungkinkan Anda untuk mengunggah sebuah status pada akun Anda. Status ini bisa berisi video, foto hingga tulisan. Pada status ini Anda bisa melakukan kontrol siapa saja yang bisa melihat status Anda. Jika Anda ingin melakukan pengaturan ini maka Anda bisa memilih halaman status, kemudian pilih menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih Privasi Status, setelah itu Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat status Anda.

Jika Anda memilih “semua kontak” artinya semua orang yang kontaknya tersimpan pada ponsel Anda bisa melihat status Anda. Jika Anda ingin beberapa orang tidak bisa melihat status Anda maka Anda bisa memilih “kontak saya, kecuali..” kemudian Anda bisa memilih siapa saja yang Anda larang untuk melihat status Anda. Setelah selesai maka orang yang dikecualikan tidak akan bisa melihat status Anda. Jika Anda hanya ingin berbagi status pada kalangan terbatas maka Anda bisa memilih “hanya bagikan dengan ….” Kemudian pilih siapa saja dalam kontak Anda yang bisa melihat status Anda.

  • Blokir Pengguna Tidak Diinginkan

Jika Anda terganggu dengan chat dari seseorang dan tidak ingin mendapatkan gangguan itu lagi maka Anda bisa memanfaatkan fitur blokir. Dengan memblokir seorang pengguna artinya Anda tidak bisa berkomunikasi lagi dengan kontak tersebut melalui WhatsApp. Tapi kontak tersebut masih bisa menghubungi Anda melalui SMS maupun telepon reguler.

  • Autentikasi Dua Langkah

Fitur ini adalah fitur yang sangat penting ketika Anda membutuhkan keamanan ekstra untuk aplikasi WhatsApp Anda. Dengan autentikasi dua langkah, setiap kali Anda akan melakukan login pada akun Anda, Anda harus memasukkan pin dan kode yang dikirimkan melalui SMS. Hal ini tentu saja akan sangat menyulitkan orang yang ingin melakukan pembajakan pada akun Anda. Untuk mengaktifkan fitur ini Anda bisa masuk ke menu pengaturan kemudian pilih menu autentikasi dua langkah. Selanjutnya ikuti petunjuk yang diberikan sampai selesai. Anda harus mengingat pin yang Anda buat karena jika beberapa kali salah memasukkan pin, Anda tidak akan bisa mengakses akun Anda. Anda bisa melakukan reset pin melalui email yang sudah didaftarkan pada akun Anda.

Apakah WhatsApp Benar-benar Aman?

WhatsApp selalu mengklaim bahwa aplikasi mereka adalah aplikasi yang sangat aman. Namun pada kenyataannya, induk dari WhatsApp yaitu Facebook Inc pernah mendapatkan masalah ketika mereka menggunakan data pribadi penggunanya.  Asalkan Anda sudah menjaga privasi Anda dengan baik maka Anda bisa mempercayakan keamanan selanjutnya pada pihak WhatsApp karena tidak ada lagi yang bisa Anda lakukan. Jika Anda merasa ada orang yang berusaha menguasai akun Anda maka lebih baik segera menghubungi pihak WhatsApp.

Share Button